Catatan Di Balik Layar Film Pendek Sajani


Semua orang pasti seneng banget kalau dicintai. Pernah jadi orang yang dengan mudah dicintai sampai bingung memilih yang mana? Atau malah merasa bosan karena terlalu banyak orang mencintai dan rela memberikan apa saja? Jika pernah atau sedang di posisi ini, sama dengan Sajani.

Sajani, tokoh utama dalam film pendek yang saya tulis dan saya sutradarai. Dia perempuan yang spesial buat saya. Tokoh imajinatif yang hidup di otak saya selama beberapa lama dan sering meminta saya menuliskan kisahnya. Entah saya mengenal (baca : mendapatkan ide) darimana yang jelas itu ada dalam hidup kita sehari-hari. Saya menulis dan mengumpulkan tim dan jadilah sebuah film eksperimen saya berjudul “Sajani” ini.

Saya mencoba bertutur dengan cara baru yang belum pernah saya lakukan. Bersyukurnya mendapatkan partner yang cemerlang membantu saya mewujudkan tokoh ini. Ada Vidya Ajeng (Sajani) dan Elendra Tri Citra (Raghib) yang benar-benar bisa menghidupkan dua tokoh utama. Penata kamera dan editor saya Vincent Jose yang juga banyak memberikan pengaruh pada film pendek Sajani ini. Tim yang lain tentu saja Ade Kusuma, Zudi Setyanto, Dewi Levsta dan Insan Kamil yang juga sangat membantu. Pengambilan gambar juga sering dilakukan sampai pagi dan dengan segala keterbatasan kami semua mencoba tetap kreatif.

Sajani adalah sebuah satir sekaligus sebuah pertanyaan bagi kita semua. Apakah kita tergolong orang yang sering dicintai? Atau selalu tidak pernah dipilih untuk dicintai?

Film pendek ini telah dan akan saya masukkan dalam beberapa festival film. Pemutaran dan diskusi untuk umum sedang dalam tahap perencanaan. Semoga segera terwujud.
 

Leave a Reply

