“Kalau Nanti Mantan Istrimu Kawin Lagi, Kamu Dateng, Gak?”


Ini adalah sebuah film pendek yang menarik buat saya yang pernah saya sutradarai. Bukan hanya berasal dari kisah nyata, namun ini adalah sebuah pertanyaan yang membuat hati saya bergetar. Saya belum menikah dan tentu tidak pernah merasakan itu namun kedalaman tulisan yang diceritakan oleh tokoh di dalamnya itu yang membuat saya ingin memfilmkannya.

Berawal dari sebuah project dari Nulisbuku.com yang di tahun 2011 akan membukukan curhat-curhat colongan yang ada di blog : curhatcintacolongan.wordpress.com. Founder Nulisbuku @byotenega (kakak senior saya dalam pelayanan gereja di masa-masa sekolah sampai kuliah) telah bekerja sama dengan musisi @AndrySuisan untuk menggarap lagu-lagu soundtrack buku itu, maka dia mengajak saya juga membuat beberapa film pendeknya. Saya dan teman-teman @Z_pi lalu setuju.

Kami memilih cerita-cerita dalam curhatcintacolongan.wordpress.com itu. Pertama kali saya langsung jatuh cinta dengan tulisan “Kalau Nanti Mantan Istrimu Kawin Lagi, Kamu Dateng, Gak?”. Saya tidak tahu siapa penulisnya dan tidak tercantum pula di situ. Mulailah proses pra produksi sampai selesai tahap editing. Semua tentu tidak mudah dan melewati proses yang panjang dan berliku. Namun selalu ada jalan dan keajaiban dalam setiap kesulitan proses pembuatan film pendek ini yang kami lalui.

Film pendek ini tentu akan mengingatkan kita semua tentang bagaimana sebuah sikap yang dewasa itu? Setiap orang punya standarnya sendiri-sendiri bagaimana bersikap dewasa. Termasuk orang yang pernah mengalami sebuah kegagalan. Tidak mudah menghadapi sebuah situasi yang diharuskan untuk memilih di antara keduanya, kan? Namun sikap apapun yang kita ambil itu nantinya, saya yakin, kita telah melewati sebuah pemikiran dan pasti yang terbaik untuk diri kita.

Apakah suatu hari nanti kita akan mendapat pertanyaan : “Kalau Nanti Mantan Istrimu Kawin Lagi, Kamu Dateng, Gak?”

– Film pendek ini menjadi Spesial Premiere di Asia Africa Film Festival  2011, di Jakarta dan Bandung; Diputar dalam : Acara gathering Nulisbuku Club Surabaya,  dan acara-acara pemutaran film pendek lainnya.

– Telah diterbitkan dalam buku “Curhat Cinta Colongan 5” di Nulisbuku.com
Kalau Nanti Mantan Istrimu Kawin Lagi Kamu Dateng Gak_POSTER

One thought on ““Kalau Nanti Mantan Istrimu Kawin Lagi, Kamu Dateng, Gak?”

  1. Pingback: “Terus Belajar untuk Bersabar” | Christian Pramudia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s