Integritas Tinggal Sendiri


Tentu menyenangkan jika sudah terbiasa hidup sendiri sejak 3 tahun lalu. Tinggal sendiri, menentukan sendiri kapan harus bangun, beraktifitas, bersenang-senang, menentukan jam pulang, jam beristirahat dan banyak hal lainnya.
Di situasi inilah saya sekarang.

Paling susah dalam hidup sendiri itu, jujur ini ya : menentukan menu makan. Awal-awal antusias mencoba banyak warung yang enak sekitar tempat tinggal. Satu tahun berjalan, masih belum bosan. Lalu dua tahun dan tiba di tahun ketiga dan hampir keempat. Semua yang enak sudah dicoba. Tiba dalam masa kebosanan. Sering sekali pulang langsung tidur saja akhirnya, tanpa makan malam.

Begitulah tinggal sendiri. Ada kelebihan ada kekurangan. Saya sebenarnya tinggal satu kota dengan keluarga. Memutuskan untuk tinggal sendiri dengan kos dekat kantor alasannya agar lebih dekat. Selama tinggal sendiri saya tentu belajar banyak hal. Banget. Mengatur keuangan utamanya. Bukan tidak pernah saya mengalami “dompet lagi diet parah”. Tapi semua saya coba nikmati. Itu adalah pelajaran berharga.

Pelajaran paling berharga saat tinggal sendiri buat saya adalah: bagaimana saya bisa bertanggung jawab dengan diri saya sendiri. Melakukan sesuatu tanpa harus diingatkan. Hidup tanpa kontrol sosial tapi tetap bertanggung jawab / punya integritas. Ini adalah sebuah kepercayaan dari saya untuk saya sendiri.

Kamu pernah alami juga?

Leave a Reply

