Menulis, Nonton, Buat Film dan Rindu Meramu


Impian saya adalah mendapat piala Oscar. Ya, benar. MENDAPAT PIALA OSCAR, untuk kategori BEST PICTURE, bukan Best Foreign Film. Film yang saya tulis atau saya sutradarai dan film itu berbahasa Indonesia dan Inggris. Inilah tujuan hidup saya. Tidak banyak yang tahu tentang impian terbesar saya ini.

Saya ingin buktikan kepada orang-orang Indonesia yang selalu bilang, “Ah, Film Indonesia itu jelek, cuman horor dan sex semua…”, “Film Indonesia, apa sih? buang duit nonton film Indonesia” atau “Ya nonton film Indonesia kan, cuman buat tempat gituan…”

Saya bahkan masih ingat jelas wajah, nama dan ekspresi kawan kuliah saya dulu yang bilang “hei,..buat apa nonton film Indonesia? Enggak lama lagi ditayangkan di TV?! Rugi” Saya tahu suatu saat saya akan menyebut nama mereka –saat saya mendapatkan penghargaan, kalau film Indonesia bisa dapat OSCAR.

Kawan yang lain pernah berkata kalau dia akan membelikan saya mobil, kalau film saya bisa dapat Oscar. Saya masih ingat jelas itu. Saya hanya tersenyum sambil bertekad untuk membuktikannya. Kawan lain yang terlibat dalam pembicaraan itu berkata kalau saya tidak akan lagi butuh mobilnya kalau saya berhasil mendapatkan piala Oscar. Saya tidak terlalu ingin mendapatkan mobilnya, yang saya ingin : membuktikan bahwa FILM INDONESIA ITU BAGUS DAN LAYAK DICINTAI.

India adalah salah satu negara yang saya kagumi dalam industri filmnya. Orang India ya nonton film India, karena mereka cinta kebudayaan mereka. Begitu pula industri film di Hongkong/ Taiwan. Mereka semua bangsa yang setia menonton film karya bangsa mereka sendiri. Kesetiaan mereka sangat menginspirasi saya mencintai film Indonesia.

Saya juga suka nonton film Hollywood atau film negara lain sebagai pengetahuan dan jendela saya melek informasi dan kebudayaan. Namun saya rindu bangsa saya sendiri mencintai hasil karya film indonesia sendiri. Banyaknya film horor yang dibumbui dengan nilai sex yang kurang mendidik memang menyedihkan mewarnai film kita. Namun bukan berarti kita lalu tidak nonton film Indonesia kan? Masih banyak karya sutradara kenamaan yang layak kita tonton. Semua itu adalah inspirasi untuk meraih impian saya mendapatkan penghargaan OSCAR untuk film yang saya tulis / sutradarai.

Akhir-akhir ini, saya punya komitmen yang tinggi untuk tetap berkarya. Kesempatan saya sekarang adalah membuat film pendek, menulis skenario, cerita pendek dan novel. Namun saya manfaatkan betul sebagai sebuah proses sehingga saya bisa belajar banyak. Saya mempunyai tanggung jawab pekerjaan yang padat. Bisa dibilang double job. Namun saya benar-benar menikmati semua itu karena saya mencintai apa yang saya kerjakan. Di tengah double job ini, saya selalu memberikan waktu untuk tetap berkarya. Apapun resikonya. Saya lebih memilih untuk ijin kerja daripada karya saya menjadi berantakan. Bersyukur sekali lingkungan saya bekerja selalu mendukung. Mereka tahu betul cita-cita saya. Semua saya atur sedemikian rupa agar berjalan berdampingan. Ya bekerja, ya menulis, ya membuat film pendek, ya tetap bersenang-senang dengan teman-teman. Semuanya untuk kenikmatan hidup saya.

Saya menyebut semuanya adalah ANUGERAH. GRACE. Tuhan YESUS yang memberikan itu semua untuk saya. Kesempatan dan waktu. Saya punya pekerjaan yang membuat saya bisa melakukan semuanya. Saya punya Stefy Christian Tjandrajaya, sahabat sekaligus atasan saya di kantor yang selalu mendukung saya. Saya punya atasan dan teman-teman di kantor yang lain yang selalu mengerti apa yang menjadi impian saya suatu hari nanti. Menulis, nonton, buat film dan rindu meramu film yang nantinya akan mendapatkan piala Oscar adalah tujuan hidup saya.

Beberapa karya saya (semua anugerah Tuhan Yesus atas kesempatan luar biasa ini) :

2007 :

2010 :

Buku Skenario Age Versus dubenk, yang dapat dibeli di : nulisbuku.com

2011:

Leave a Reply

