SENYUM untuk MEREKA…


Diskusi Seminar Film yang aku datangi Sabtu lalu, mengingatkanku pada satu pemikiran. Sebenrnya sering beterbangan di pikiranku, tapi aku belum pernah sampai memikirkan detail apalagi memutuskan sesuatu. Namun sejak acara diskusi itu, aku diingatkan beberapa hal.

Okay,semua kita tahu bahwa Sang PENCIPTA menciptakan pasangan lawan jenis, dan kita tahu manusia berpasangan adalah pria dan wanita dan Kita juga percaya kalau ini ada, sejak awal mula manusia diciptakan. Namun, kita semua juga tahu kalau disekitar kita banyak juga orang yang menyukai kehidupan sejenis, berpasangan bahkan menikah. Selain itu kehidupan transeksual dan waria juga tidak terlalu jauh dengan mereka. Selama ini, kalu boleh jujur, ketika kita tahu, melihat atau bertemu dengan para gay, kita pasti (terutama lelaki) akan MENGHINDAR, karena kita JIJIK. Kita bahkan MENCERCA, MENYINGKIRKAN dan MENYUDUTKAN MEREKA. MEREKA MENJIJIKKAN, MELANGGAR HUKUM TUHAN, MEREKA BERDOSA. Tapi kemudian kita lupa akan sesuatu : SEMUA DOSA SAMA SAJA DI HADAPAN TUHAN. Kita berbohong sedikit saja, kita pengen bercinta dengan seorang perempuan dalam alam pikir kita, kita mau pacar kita mencium bibir kita itu SAMA SAJA DENGAN DOSA yang kita anggap menjijikkan itu.

Aku pun menunduk malu, aku sering melakukan pelecehan terhadap mereka. Meski di dalam hati, meski dalam pikiranku, tapi tetap saja aku SUDAH MENGHINA MEREKA. Aku homofobia tapi aku KOMPROMI DENGAN DOSAKU. Apa bedanya?

Sekarang, aku tahu, aku SAMA SEKALI TIDAK BERHAK MEMANDANG MEREKA SEBELAH MATA. Aku mungkin mengikuti ajaran KRISTUS dengan tidak menyetujui tindakan itu, tapi bukan hak-ku untuk memandang mereka begitu jijik. Berdoa buat mereka, kalau mungkin cara BERGAUL LANGSUNG dengan mereka disebut ‘pahlawan kesiangan’. Tersenyum pada mereka, menjabat tangan dan berdoa buat mereka. Setidaknya ini yang kupikirkan yang bisa kulakukan.

SENYUM UNTUK MEREKA dan TIDAK HARUS HOMOFOBIA, kan?

senyum

Leave a Reply

