Buah Jatuh Terlalu Jauh dari Pohonnya (Apakah Aku Orang Samaria Baik Hati? bag.2)


Kemarin menulis penyesalanku, kalau aku bukan masuk golongan Orang Samaria Baik Hati, hari ini aku teringat beberapa kejadian. Ternyata baru aku sadari kalau mamaku juga pernah diberhadapkan pada banyak kejadian di jalan, yang sama seperti aku. Dia pernah melihat orang tua terjatuh di tengah jalan lalu menolongnya bangun, Seorang yang kelelahan berjalan dan butuh tumpangan, -mamaku memberinya tumpangan dan seorang yang ketakutan karena dimaki-maki. Kejadian yang terakhir yang paling aku ingat. Waktu itu, mamaku melihat seorang yang dimaki-maki, karena dia tak sengaja menabrak seorang penguna jalan lain. Orang yang ditabrak itu tak terluka sama sekali, tak sedikitpun yang lecet baik tubuhnya, maupun motornya. Tapi dia memaki-maki dan memukul-mukul dadanya, seperti meluapkan emosi yang tak tersalurkan. Tak ada satupun berani melerai mereka. Mamaku yang melihat kejadian itu langsung melerai, membela anak yang dimaki dan dipukul-pukul dadanya itu. Mama memperingatkan kalau orang itu akan dilaporkan polisi, karena dia sudah melakukan tindakan kekerasan fisik. Seketika itu juga orang itu pergi dan anak yang dianiaya tadi selamat dari penganiayaan lainnya. Aku kagum akan keberanian mamaku. Sepertinya mamaku masuk dalam golongan orang samaria baik hati.

Dia berani melakukan perbuatan baik, menolong orang, tanpa banyak berpikir tetapi cepat untuk bertindak. Aku makin malu sekarang. Ternyata, buah jatuh terlalu jauh dari pohonnya. Aku ingin seperti mamaku. Tidak ragu menjadi “Orang Samaria Baik Hati”

 

3 thoughts on “Buah Jatuh Terlalu Jauh dari Pohonnya (Apakah Aku Orang Samaria Baik Hati? bag.2)

Leave a Reply

