TIDAK CEPAT BERKATA KITA TELAH BERKORBAN UNTUK ORANG YANG KITA SAYANGI


 

 

Hal yang paling menyakitkan adalah ketika kita tidak bisa melakukan apa yang kita sukai. Hal yang lebih berat adalah : kita tidak bisa melakukan apa yang kita sukai itu dengan alasan : karena kita ingin seseorang yang kita sayangi bisa lebih bahagia. Dengan kata lain, kita mendahulukan kepentingan orang yang kita sayangi daripada keinginan kita. Susah sekali memang untuk diungkapkan.

 

Tapi, AH! Tiba-tiba aku berpikir: bagaimana kalau kita tidak terlalu cepat berpikir, kita telah berkorban banyak untuk orang yang kita sayangi. Tidak cepat berkata, kita telah mendahulukan kepentingan mereka yang kita sayangi daripada keinginan kita. Ini terlalu egois, kupikir!

 

Sebenarnya, saat kita berkorban pun untuk orang yang kita sayangi, ini adalah sesuatu yang kita sukai, bukan? Jadi yang namanya mengorbankan kepentingan kita untuk orang yang kita sayangi, itu sama sekali bukan pengorbanan. Kita ingin melihat mereka bahagia, melihat mereka puas atas apa yang kita lakukan. Kemudian setelah mereka bahagia, setelah mereka puas, kita makin menyayangi mereka. Kita sudah mendapatkan apa yang kita sukai dan kita inginkan. Impas? Betul.

 

Pengorbanan yang sebenarnya adalah, kita melakukan hal-hal yang tidak kita sukai kepada mereka yang jelas-jelas tidak kita kenal bahkan tidak punya potensi apa-apa untuk bisa membalas kebaikan mereka. Ini baru yang namanya pengorbanan. Ini baru namaya kasih sejati.

 

(*ditulis Sabtu, 2 Agustus 2008)

 

One thought on “TIDAK CEPAT BERKATA KITA TELAH BERKORBAN UNTUK ORANG YANG KITA SAYANGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s